Batu Flower Garden menjadi sekian dari banyaknya kota wisata yang populer di Malang. Dengan seabrek daftar wisata yang ditawarkan, tidak heran jika pada tahun sebelumnya, jika dibandingkan dengan wisata lain seperti Bandung, Jogja, Lombok, dan Bali. Nah, tentu saja semua pencapaian tersebut tidak lepas dari peran Pemerintah dan warga Malang yang kompak guna menggali potensi wisata yang terus bermunculan di Malang.

Batu-Flower-Garden
Via Instagram/intyaadewi

Menjadi daerah yang populer, Batu menawarkan udara yang sejuk, pemandangan alam yang cukup memukau, dan tempat wisata yang terbilang banyak. Seperti destinasi wisata Batu Flower Garden, meskipun kamu belum pernah mendengarnya, tentu kamu sudah tahu dong kalau letaknya berada di Batu. Sedangkan, Flower Garden jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah Taman Bunga. Taman Bunga memang terdengar sudah biasa, tapi ada beberapa alasan mengapa sampai saat ini banyak pengunjung yang terus berdatangan ke destinasi wisata tersebut. Ada banyak hal menarik loh yang bisa kamu temukan di tempat wisata Batu Flower Malang, berikut ulasannya.

Wahana Batu Flower Garden

Taman Bunga ini menyediakan taman yang cantik, yang lokasinya saja sudah berada di lereng gunung Panderman. Kemudian, tersebar pula berbagai spot yang instagrammable, cocok buat kamu yang doyan selfie. Nah, salah satu spot yang paling menarik adalah Gardu I Love You. Gardu ini letaknya pada ketinggian tertentu. Sehingga, ketika kamu mengambil foto sudah pasti panorama alam yang menawan sudah menambah latar belakang foto tersebut. Keren, kan?

Batu-Flower-Garden
Via Instagram/sweetnov19

Eits, nggak cuman itu doang loh. Ada banyak spot foto yang instagrammable lainnya di wisata tersebut. Nggak heran jika wisata yang satu ini jadi wisata kekinian. Berikut daftar spot lainnya:

Flower
Ayunan
Papan Pinus
Flying Bike
Hammock
Flying Hammock
dan lainnya.

Semua wahana tersebut adalah untuk spot foto. Jadi, biar kamu tetap nyaman, maka pihak pengelola membuat ketentuan seperti antri untuk beli tiket, antri untuk photo spot, antri untuk photo season, dan juga antri untuk ngambil atau beli soft fil. Semua jepretan akan dibantu oleh fotografer profesional. Foto terbaik akan dikirimkan langsung pada ponselmu.

Atraksi di tempat wisata ini juga terbagi dalam dua bagian, yaitu adanya air terjun dan kebun bunga. Untuk kebun bunga, kamu harus menuju ke atas Bukit Bulu. Untuk mencapai spot tersebut, diperlukan jalan kaki hingga 300 km. Tapi, kamu bakalan betah berlama-lama disana karna pemandangannya yang sangat cantik dengan hamparan bunga segar nan enak dipandang mata. Sedangkan untuk kamu yang pengen menikmati air terjun, diperlukan hingga 3 km jarak yang harus ditempuh dengan berjalan kaki. Untuk itu, kalau ingin mengunjungi bagian yang satu ini, sebaiknya pastikan kondisi tubuh benar-benar fit ya!

Harga Tiket Masuk Batu Flower Garden Malang

Sampai saat ini, pengunjung juga prapengunjung harus membayar tiket masuk. Mungkin, bagi sebagian orang, untuk menikmati tempat ini perlu mempertimbangkan lagi karena harga tiketnya yang terbilang mahal. Masing-masing pengunjung harus bayar biaya retribusi di setiap wahana ketika hendak berfoto. Sedangkan untuk asik berfoto di semua wahana, maka tiket yang harus dibayar sebesar Rp. 80.000. Harga tersebut juga berlaku kalau kamu ingin menggunakan Kamera milik pengelola.

Batu-Flower-Garden
Via Instagram/nofanti

Bagaimana kalo kamu pengen menikmati panoramanya doang? Untuk kamu yang nggak terlalu suka selfie, kamu bisa membayar tiket masuk Rp. 25.000. Dengan harga tiket masuk tersebut, kamu sudah bisa menikmati gardu pandang dan juga taman bunga. Nah, di kedua spot foto tersebut, kamu juga mendapatkan gratis 1 foto. Lumayan dong, untuk kamu yang pengen berwisata dengan budget tipis. Sisanya, kamu harus bayar Rp.10.000 jika ingin mengambil gambar sendiri sepuasnya dengan kameramu sendiri, tentunya.
Pengunjung bermotor, tentu harus membayar biaya parkir yaitu Rp. 2.500 sedangkan untuk pengunjung yang mengendarai mobil harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 10.000.

Fasilitas

Tempat wisata ini sangat populer karena didukung dengan fasilitas yang tak main-main. Selain tersedia lahan parkir yang luas, toilet umum, juga mushola cukup untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Terdapat pula Machate Café dengan aneka menu dibandrol dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga: Menjelajah Dunia dan Peradaban di Jawa Timur Park 3

Jam Buka

Batu Flower Garden Coban Rais beroperasi mulai dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore setiap harinya, saat akhir pekan atau hari-hari biasa.

Rute dan Lokasi

Lokasi tempat wisata ini ada di Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu. Kalo kamu berada di Alun-Alun Kota Batu, butuh sekitar 4,5 km jarak yang harus kamu tempuh untuk menuju lokasi Taman Bunga Ini.

Untuk kamu yang menggunakan transportasi publik, jika berada di Stasiun Malang Kota Batu, kamu harus berjalan terlebih dahulu sekitar 120 meter menuju ke Jalan Trunojoyo. Pilih Angkutan Kota dengan kode AJG/AJH. Alternatif angkot adalah AMH/AMH dengan tujuan Jalan Raden Tumonggung Suryo 4.

Lanjutkan perjalanan dengan Angkot kode CKL, turjun ke Jalan Tlogosari. Naik angkot lagi dengan kode KL, dan turun ke Jalan Raya Dadaprejo. Nah, kamu bisa jalan kaki atau sewa ojek menuju ke Batu Flower Garden Malang.

Deskripsi
Batu Flower Garden adalah salah satu wisata populer buat kamu yang doyan foto. Spot di kota Batu punya banyak wahana foto.
Alamat
Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65151

Kode Plus
3GQ9+4H Dresel, Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur

PIN LOKASI