Mojokerto bukanlah kota yang dituju untuk berwisata. Kawasan ini lebih pantas disebut kota industri lantaran banyaknya perusahaan besar bermukim di sini. Pun demikian, bukan berarti Mojokerto tidak punya tempat wisata. Masih ada banyak tempat eksotis yang belum banyak terjamah. Salah satunya Ranu Manduro yang keindahannya bak di Selandia Baru. Seperti apa pesona alam yang ditawarkan oleh ranu di Mojokerto ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Tempat Wisata yang Muncul Secara Tak Terduga

Ranu-Manduro-mojokerto
Via Instagram/adhitramadhani

Ranu Manduro merupakan tempat wisata dadakan yang muncul dari lokasi tak terduga. Danau cantik ini baru saja ditemukan di area penggalian pasir untuk lumpur lapindo di Sidoarjo. Bekas galian tambang pasir dan kapur yang sudah tidak aktif lagi ini ternyata menciptakan keindahan alam yang menawan.  Akibat curah hujan yang tinggi, kubangan tersebut terisi oleh air yang membuatnya terlihat seperti danau alami. Meski muncul secara tak terduga, objek wisata baru ini menarik perhatian banyak orang.

Selandia Baru Versi Mojokerto

Ranu-Manduro
Via Instagram/imamhsnn

Sebutan Selandia Baru versi Mojokerto memang pantas disematkan wisata cantik bernama Ranu Manduro ini. Pasalnya, di sekitar danau tersebut menawarkan pemandangan indah hijau dan menyejukkan mata. Tidak hanya sekedar kubangan air besar saja, pesona lain dari Manduro terletak di bagian latarnya. Terdapat Gunung Penanggungan dan perbukitan lain yang membuatnya benar-benar mirip Selandia Baru.

Ranu-Manduro-selandia-baru
Via Instagram/masih_husni

Selain itu, hamparan rumput hijau di sepanjang perjalanan membuat makin mirip dengan pemandangan Selandia Baru. Paduannya lengkap dengan lanskap pegunungan serta bebatuan besar di sekitarnya. Area inilah yang sering menjadi spot favorit para wisatawan untuk berswafoto.

Cara Menuju Ranu Manduro dengan Cepat

Sebagai destinasi baru di Mojokerto, banyak wisatawan yang tertarik dengan keindahan Ranu Manduro. Beruntungnya, tempat wisata ini sangat mudah ditemukan. Lebih tepatnya, berada di Desa Manduro, Manduro Manggung Gajah, Kecamatan Ngoro, Jawa Timur yang dapat diakses dari arah mana saja.

Deskripsi Ranu Manduro yang keindahannya bak di Selandia Baru . Penasaran? Alamat Mandurono, Manduro MG, Kec. Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur 61385 Kode Plus CJHX+49 Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur

PIN LOKASI

Dari arah Surabaya sendiri, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Mojokerto. Waktu perjalanan yang akan dihabiskan di jalan sekitar satu jam dengan kondisi lalu lintas bebas macet. Untuk sampai di lokasi, kamu disarankan menggunakan kendaraan roda dua. Hal ini mengingat akses jalan mendekati Ranu Manduro belum benar-benar nyaman untuk dilewati wisatawan.

Tiket Masuk Ranu Manduro

Destinasti Ranu Manduro sebenarnya belum menjadi objek wisata resmi. Danau eksotis tersebut tiba-tiba menjadi tempat wisata viral karena sering didatangi oleh wisatawan lokal. Hal ini pula yang membuat akses jalan menuju danau cukup sulit, terutama untuk kendaraan roda empat. Sementara loket masuknya juga diketahui sudah ada apa belum, mengingat Danau Manduro masih  bukan objek wisata resmi.

Baca Juga: Batu Flower Garden, Spot Instagramable dengan Udara Sejuknya

Meski belum ada tiket masuk atau pun parkir, sebaiknya siapkan uang untuk membayar biaya keduanya. Tidak ada salahnya untuk menyiapkan kontribusi untuk memajukan destinasi satu ini. Sebelum datang ke sini, pastikan pula untuk memeriksa kendaraan bermotormu dalam keadaan prima. Jangan lupa pula untuk menyiapkan uang untuk makan selama perjalanan. Demi kenyamanan, sebaiknya hindari membawa anak kecil untuk datang ke sini, mengingat Ranu Manduro belum menjadi tempat wisata resmi.

Fakta Ranu Manduro Sekarang

Namun, Sejak ranu manduro viral di berbagai media sosial, malah membuat orang berbondong – bondong mengunjungi tempat wisata yang dulunya indah seperti di selandia baru ini. Lalu, faktanya sekarang bagaimana? Kini ranu manduro kehilangan estetiknya untuk berfoto ria.

ranu manduro sekarang
via Instagram/deviwul_27

Melihat banyak sekali pengunjung yang parkir sembarangan, kemudian dibangun tenda yang mengurangi estetik dari sebuah foto pemandangan alam tersebut. Bagi dunia fotografi mereka menyebutnya foto “bocor” alias unwanted object.

Akan tetapi ada beberapa orang yang masih bisa mendapatkan object foto yang indah banget, mereka memanfaatkan momen – moment foto yang pas.

ranu manduro sekarang tetap bagus
via instagram.com/riidone_

Tapi semua tergantung dari faktor cuaca, jam atau waktu di lokasi yang sepi dan cara pengambilan gambar yang pas. Mungkin kamu bisa mengunjunginya beberapa pekan kedepan untuk bisa menikmati suasana tempat wisata seperti di eropa ini.

Nah, itulah destinasi wisata baru Mojokerto yang indahnya bak berada di Selandia Baru. Apakah kamu makin tertarik untuk berkunjung ke Ranu Manduro kan? Jangan lupa ajak teman dan sahabatmu untuk menjelajah tempat satu ini.