Umbul Ponggok Klaten menawarkan destinasi wisata yang unik, dijamin nggak bakalan bisa kamu lupakan begitu aja. Wisata yang satu ini wajib menambah deretan tempat wisata yang harus kamu kunjungi untuk mengeksplor Indonesi, terutama di Klaten.

Umbul Ponggok Klaten menjadi destinasi wisata yang favorit karena merupakan wisata dengan sumber mata air alami. Uniknya, air alami tersebut sengaja ditampung dalam bentuk kolam. Penasaran bisa ngapain aja selama disana? Berikut semua informasi lengkap tentang bagaimana cantiknya Umbul Ponggok Klaten yang wajib kamu tahu.

Umbul-Ponggok-Klaten
Via Instagram/tripkelilingjogja

Alasan Harus Berkunjung ke Umbul Ponggok Klaten

Umbul-Ponggok-Klaten
Via Instagram/ojek_bdgwisata

Destinasi wisata yang satu ini semakin hari semakin favorit. Bahkan, destinasi tersebut menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Klaten. Menariknya lagi, pihak pengelola tidak tinggal diam. Dengan berbagai inovasi yang diciptakan, kini Umbul Ponggok Klaten semakin menggoda buat para wisatawan loh. Jadi, jangan berpikir bahwa Umbul Ponggok itu cuman kolam renang doang. Nggak ada istimewa-istimewanya.

Pasalnya, di kolam renang tersebut, kamu bisa merasakan gimana sih sensasi berenang bareng ikan tawar yang warna warni. Ikan-ikan ini emang sudah ada sejak lama si di Umbul Ponggok. Rasanya seperti lagi snorkeling, atau lagi menyelam dengan dikelilingi berbagai jenis ikan air tawar. Bahkan, tempat wisata ini juga dijadikan sebagai tempat yang paling pas buat belajar diving loh. Nggak masalah sih kalo kamu sama sekali nggak berminat mencoba diving di kolam renang tersebut, soalnya kamu juga bisa bermain lainnya seperti snorkeling, atau berenang.

Snorkeling, Diving, dan Berenang di Kolam Renang Alami

Nah, snorkeling disini itu lebih aman, berbeda dengan snorkeling di lautan. Apalagi, sumber air yang ada pada kola mini adalah dari mata air alami. Jadi, nggak kalah cantiknya dan nggak kalah jernihnya dibanding tempat lain yang buat snorkeling atau diving. Nggak cuman itu, tapi di Umbul Ponggok ini, snorkeling bisa sambil santai karena memang nggak ada ombaknya, namanya juga di kolam. Eits, jangan dikira ini adalah kolam renang buatan ya, semuanya sangat alami disini loh!

Umbul-Ponggok-Klaten
Via Instagram/agusaprianto_

Hal yang bikin kamu harus tahu juga adalah bahwa Umbul Ponggok Klaten nggak cuman sebagai tempat paling pas buat berenang, diving, atau snorkeling yang paling aman loh. Selain lokasinya yang unik, kolam renang yang alami ini juga ternyata sering dijadikan sebagai tempat untuk fotografi bawah air. Apalagi, kolam berukuran 50 x 25 meter ini menawarkan kedalama mulai dari 1,5 sampai 2 meter dengan air yang tak berombak. Jadi, bisa dibayangin dong serunya kayak gimana.

Baca Juga: Dusun Semilir Eco Park, Wisata Hits Semarang yang Mirip Stupa Candi Borobudur

Karena ini adalah kolam renang yang alami, kamu juga nggak bakalan menyangka bahwa dasar kolam renang tersebut bukanlah lantai keramik atau lainnya. Soalnya, kolam renang alami ini menawarkan dasar kolam yang masih sangat-sangat orisinil yaitu dengan pasir halus yang sangat nyaman dan menambah sensasi tersendiri. Jadi, bener-bener deh, kamu berasa seperti sedang di laut, apalagi air yang terus mengalir dan tampak jernih dan terasa segar.

Lokasi Umbul Ponggok Klaten dan Harga Tiket Masuk

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Umbul Ponggok Klaten, lokasinya nggak jauh kok dari Kota Jogja. Jadi,kamu yang sedang berlibur di area Jogja, rasanya harus mampir deh ke destinasi wisata yang satu ini. Terletak di Desa Ponggok, kamu bisa menuju ke Kecamatan Polanharjo terlebih dahulu. Nah, buat kamu yang dari arah Jogja, kamu tinggal menempuh perjalanan sekitar satu jam saja, deket kan?

Umbul-Ponggok-Klaten
Via Instagram/mohammed.iksann.m

Tiket masuk ke Umbul Ponggok ini terbilang murah, yaitu hanya Rp. 5.000 rupiah per pengunjung. Untuk kamu yang pengen liburan seru di tempat ini, sebaiknya kamu bawa peralatan snorkeling pribadi. Tidak masalah jika kamu nggak bawa peralatan tersebut, karena kamu bisa menyewa sesuai kebutuhan selama di area wisata ini.

Rute

Buat kamu yang dari kota Solo, Wonogiri, Karangnyar, Ngawi, juga Magetan, kamu bisa menggunakan rute berikut:

Lewati Delanggau – Berhenti di Terminal Panggung Klaten – Lampu lalu lintas jalan arah Desa Ponggok, belok kanan – Markas Koramil – Pertigaan ambil kanan, lurus dan sampai.

Untuk pengunjung dari arah Jogja, Prambanan, Sleman, Purworejo juga Kebumen bisa menggunakan rute berikut:

Lewat arah Jogja-Solo, lalu berhenti di persimapangan RSUD Suradji Tirtonegoro- Terus lurus sampai tengah kota – GOR Gelarsena Klaten, belok kiri di Jatinom atau Polanharjo – Berhenti di persimpangan yaitu di Markas Koramil di kiri jalan, dan lurus terus sampai tampak Umbul Ponggok.

Sedangkan untuk pengunjung dari arah Salatiga, Boyolali, juga Semarang, ikuti rute berikut:

Pergi ke arah Jatinom, menuju Klaten – Berhenti di Terminal Panggung – berhenti di Markas Koramil yaitu di kanan jalan tak jauh dari pertigaan – Dari pertigaan, ambil arah kanan – Lurus dan ikuti jalan sampai Umbul ponggok. Atau, kamu juga bisa menggunakan Google Maps. Selamat berlibur!

Nomor Telepon
0823-1438-8880
Deskripsi
Umbul Ponggok Klaten adalah salah satu tempat wisata yang bikin kamu bisa menikmati snorkeling, diving, dan selfie tanpa harus di pinggir laut. Penasaran?
Alamat
Jl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474

Kode Plus
9JPP+F8 Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

PIN LOKASI